KUNJUNGAN PRODI TADRIS IPA IAIN SALATIGA KE PRODI PENDIDIKAN IPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

Tim dari Prodi Tadris IPA IAIN Salatiga bersama Koordinator dan Dosen Prodi Pendidikan IPA UM

Kamis (25/3), Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga mengadakan kunjungan ke Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang (UM). Perwakilan dari Prodi Tadris IPA IAIN Salatiga yang melaksanakan kunjungan adalah Hammam, M.Pd., Ph.D. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd. (Ketua Prodi Tadris IPA), Anggun Zuhaida, M.Pd. (Sekretaris Prodi Tadris IPA), dan Odhie Ivan Pradipta, S.E. (Tendik Administrasi Prodi Tadris IPA).

Kegiatan kunjungan ini diawali dengan pembukaan oleh Dr. Munzil, M.Si., selaku Koordinator Prodi Pendidikan IPA UM. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan dari pihak Prodi Pendidikan IPA UM yang terdiri dari para dosen di Prodi Pendidikan IPA UM, kemudian perkenalan dari pihak Prodi Tadris IPA IAIN Salatiga. Dalam perkenalannya, Ketua Prodi Tadris IPA, Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd., turut menyampaikan tujuan kegiatan kunjungan ke Prodi Pendidikan IPA UM, yaitu dalam rangka studi banding terhadap kurikulum, pengelolaan program studi, dan kemahasiswaan yang ada di Prodi Pendidikan IPA UM.

“Kami memiliki keinginan untuk terus meningkatkan mutu Prodi Tadris IPA IAIN Salatiga dengan mengetahui bagaimana kurikulum, pengelolaan program studi, kemahasiswaan, termasuk pelaksanaan satgas plagiarisme dalam skripsi mahasiswa di sini. Hal-hal tersebut bisa menjadi pembanding dan acuan bagi kami untuk melakukan perbaikan di prodi kami,” ujar beliau.

Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd. juga menyatakan alasan memilih Prodi Pendidikan IPA UM sebagai tujuan studi banding.

“Kami melihat Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang sebagai salah satu Prodi Pendidikan IPA di Indonesia yang memiliki pondasi yang kuat baik dalam hal kurikulum maupun dalam hal pengelolaan program studi dan kemahasiswaan.”

Kemudian, acara dilanjutkan dengan adanya diskusi bersama mengenai pengelolaan kemahasiswaan, pelaksanaan satgas plagiarisme, kurikulum dan mata kuliah pilihan, pelaksanaan IPA terpadu, hingga peluang adanya kerja sama antara Prodi Tadris IPA IAIN Salatiga dan Prodi Pendidikan IPA UM.

Diskusi Bersama Perihal Kurikulum, Pengelolaan Studi, dan Kemahasiswaan

Pada pelaksanaan satgas plagiarisme skripsi, Isnanik Juni Fitriyah, S.Pd., M.Si., dosen kimia yang juga menjadi pelaksana satgas skripsi dan plagiarisme menjelaskan bahwa skripsi yang hendak diujikan harus melalui validasi skripsi.

“Sebelum ujian skripsi, dilakukan validasi skripsi oleh satgas plagiasi. Syarat skripsi yang lolos untuk diujikan adalah yang kurang dari 30%. Ini sudah menjadi budaya sehingga bisa berjalan. Hal ini juga sudah mulai dilatih untuk syarat dalam penugasan mata kuliah. Penugasan dalam beberapa mata kuliah diwajibkan juga untuk tes plagiarisme. Jadi, mahasiswa sudah terlatih untuk menyusun karya tulis yang dari hasil karyanya sendiri,” ujar Isnanik Juni Fitriyah, S.Pd., M.Si.

Mengenai pelaksanaan kurikulum KM-MB di Prodi Pendidikan IPA UM Malang, Dr. Munzil, M.Si., Koordinator Prodi Pendidikan IPA UM menjelaskan bahwa di awal, UM sudah mencanangkan kurikulum transdisipliner.

Mahasiswa diperbolehkan kuliah di mana saja di lingkungan UM, boleh ambil robotic, manajemen, dll. yang diambil dari fakultas lain. Tapi, semuanya tetap di bawah bimbingan dari prodi. SKS transdisipliner yang bisa diambil adalah 12 SKS. Di UM, untuk MB-KM semua mata kuliah ditawarkan dan bisa dipilih oleh mahasiswa luar,” jelas beliau.

Peluang kerja sama antara pihak Prodi Tadris IPA IAIN Salatiga dan Prodi Pendidikan IPA UM, dituturkan oleh Dr. Munzil, M.Si., bisa melalui bidang riset dan pelaksanaan pengabdian masyarakat.

“Tinggal disamakan aja temanya. Nanti mengambil data bersama di Salatiga dan Malang, kemudian sharing data. Bisa juga dengan pelaksanaan seminar bersama, join dalam pelaksanaannya. Jika nanti MB-KM sudah berjalan bisa kerja sama dalam pertukaran mahasiswa dan dosen.”

Kegiatan ini diakhiri dengan mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang, di antaranya Laboratorium Pembelajaran IPA, Laboratorium Micro Teaching, Laboratorium Komputer, Laboratorium Media Pembelajaran Digital, Laboratorium IPA Terpadu 1, serta Laboratorium IPA Terpadu 2.

Kunjungan ke Laboratorium Prodi Pendidikan IPA UM
Penyerahan Kenang-Kenangan dari Prodi Tadris IPA kepada Prodi Pendidikan IPA UM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.