KULIAH TAMU PROF. DR. IWAN PRANOTO

Rabu (03/04), FTIK IAIN Salatiga melalui Jurusan Tadris Matematika dan Jurusan Tadris IPA menyelenggarakan Kuliah Tamu. Kuliah Tamu kali ini menghadirkan Prof. Iwan Pranoto dari Education dan Culture Attache KBRI New Delhi. Kuliah tamu diselenggarakan di auditorium gedung K.H. Hasyim Asy’ari Kampus 3 IAIN Salatiga dengan mengangkat tema “Pendidikan Sains di Perguruan Tinggi”. Kuliah tersebut diikuti tidak kurang dari 300 peserta mahasiswa dan dosen IAIN Salatiga serta dibuka oleh Rektor IAIN Salatiga Dr. Rahmat Haryadi.
Pendidikan sains di Indonesia  terkesan mengagamakan sains itu sendiri khususnya untuk Matematika dan IPA. Hal itu tampak nyata ketika sains kerap diajarkan sebagai buku resep dimana menjunjung tinggi kebenaran tunggal dan menganggap guru sebagai sumber kebenaran dengan mengabaikan kebenaran lain yang diketahui.
 
Dalam paparannya Prof. Iwan Pranoto  menjelaskan bahwa pengajaran sains yang dogmatis akan berdampak negatif di dunia pendidikan saat ini. Sifat takabur, enggan memahami orang lain, menganggap dirinya sendiri sudah mengetahui semuanya, selalu merasa benar (absolut) dan menganggap orang lain selalu salah adalah dampak nyata jika pengajaran seperti itu terus dibudayakan dan dilestarikan di negeri ini. “Kesalahan dalam penerapan metode pembelajaran dalam pendidikan utamanya bidang sains juga matematika, dapat menganggap diri selalu benar, orang lain selalu salah seperti yang dialami sekarang ini,” tutur Prof. Iwan.
 
“Pokoknya rumusnya begini!”, lanjut beliau mencontohkan pengajaran guru saat ini. Beliau menambahkan bahwa pengajaran sains saat ini agar lebih fokus terhadap konsep mengapa rumus itu bisa  muncul dan ada, bukan malah menjadikan rumus sebagai patokan utama yang nantinya para siswa hanya akan menyimpan dan menumpuk rumus itu hingga menjadi beban di otaknya.
Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan sesi diskusi dimana peserta diperkenankan mengajukan pertanyaan yang ditujukan kepada Prof. Iwan.
 
Pada penghujung acara, Kepala Jurusan Tadris Matematika Drs. Sumarno Widjadipa, M. Pd. didampingi Kepala Jurusan Tadris IPA Prof. Budiyono memberikan kenang-kenangan kepada Prof. Iwan Pranoto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *