img_5245Salatiga Kota(16/10). Salah satu harapan dunia pendidikan Indonesia adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter dan berjiwa nasionalisme agar mampu bersaing dalam era globalisasi. Harapan tersebut dapat dicapai dengan adanya peningkatan mutu pendidikan pada  generasi muda Indonesia sedini mungkin. Sebagai keikutsertaan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan Indonesia, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris IPA IAIN Salatiga  menyelenggarakan 1st Salatiga Science Olympiad yang pertama (SSO I ).

img_54301st Salatiga Science Olympiad (SSO I) yang dilaksanankan pada Sabtu, (15/11) merupakan kegiatan di bidang sains yang merupakan wahana bagi siswa untuk mengekspresikan potensinya dalam bidang IPA (Biologi, Fisika, dan  Kimia). Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan atmosfer kompetisi akademik yang positif antar sekolah dalam rangka memotivasi dan memberikan pelayanan bagi siswa yang berpotensi dalam bidang sains.

img_53121st Salatiga Science Olympiad yang pertama (SSO I) ini merupakan kegiatan olimpiade sains perdana yang  diikuti oleh 83 peserta  dari 32 SMP/MTs se-Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.  Rangkaian acara SSO I meliputi tes tertulis, dan cerdas cermat. Selain acara inti bagi Siswa/i Peserta Olimpiade, SSO I ini juga mengajak para Guru Pendamping untuk mengikuti Sarasehan yang diisi oleh Ketua Jurusan Tadris IPA Bapak Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. dengan materi “Pembelajaran IPA Kreatif dengan Aplikasi Nicenet” dan sosialisasi Visi Misi Jurusan Tadris IPA FTIK IAIN Salatiga. Selain acara inti bagi Siswa/i Peserta Olimpiade, SSO I ini  para Guru Pendamping  mengikuti acara Sarasehan yang diisi oleh Ketua Jurusan Tadris IPA Bapak Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. dengan tema “Pembelajaran IPA Kreatif dengan Aplikasi Nicenet” dan sosialisasi Jurusan Tadris IPA IAIN Salatiga. SSO 1st ini juga bertepatan  dengan ulang tahun jurusan Tadris IPA yang pertama.

img_5427Dalam 1st Salatiga Science Olympiad  (SSO I ) yang menjadi peraih tropy Kajur T.IPA Award Scientis In Laga  yang pertama yakni SMP Negeri 02 Salatiga, dimana SMP Negeri 02 Salatiga telah bersaing dan berebut prestasi dengan 32 SMP dan Mts lainnya. Suatu kebanggaan tersendiri bagi Tadris IPA yang telah melaksanakan 1st Salatiga Science Olympiad  (SSO I ) semoga untuk Salatiga Science Olympiad yang akan diakan tiap tahun, kedepannya semakin bagus dan semakin bergensi dalam dunia pendidikan, khusunya Jurusan Tadris IPA FTIK IAIN Salatiga.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *